top of page
  • Gambar penulisPETAFC

Kode Disiplin PSSI


Kode Disiplin PSSI

Kode Disiplin PSSI ini ditetapkan dan diberlakukan dengan tujuan (i) mengatur dan menjelaskan jenis-jenis pelanggaran disiplin, (ii) menetapkan tindakan berupa sanksi agar kode disiplin ditegakkan sehingga pertandingan dan kompetisi berjalan disiplin sesuai dengan Laws of the Game, berlangsung fair, respect dan sportif, (iii) mengatur tentang organisasi, tugas, kewenangan, fungsi dan kewajiban badan-badan yang bertanggung jawab dalam membuat dan mengambil keputusan atas pelanggaran disiplin, (iv) prosedur dan tata cara yang harus diikuti oleh badan-badan dan para pihak yang terkait dengan pelanggaran disiplin.


Ruang Lingkup Pelaksanaan Kode Disiplin PSSI

  1. Kode Disiplin PSSI berlaku untuk setiap pertandingan dan kompetisi resmi.

  2. Kode Disiplin PSSI juga diberlakukan lebih luas, yakni apabila terganggunya perangkat pertandingan dalam menjalankan tugas dan kewajibannya dan atau tujuan utama Statuta PSSI dilanggar, khususnya pelanggaran disiplin tentang pemalsuan, suap dan doping.

  3. Kode Disiplin PSSI juga berlaku dan mencakup segala pelanggaran disiplin terhadap peraturan-peraturan yang dikeluarkan PSSI yang tidak berada dalam wilayah hukum badan manapun.

Para pihak yang tunduk terhadap Kode Disiplin PSSI

Kode Disiplin PSSI berlaku bagi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan sepak bola di Indonesia, khususnya, tetapi tidak terbatas pada:

  1. Anggota PSSI;

  2. Anggota dari Asosiasi Provinsi, Asosiasi Kabupaten/Asosiasi Kota PSSI;

  3. Klub non-anggota PSSI yang berpartisipasi dalam pertandingan atau kompetisi resmi;

  4. Ofisial;

  5. Lembaga terafiliasi PSSI;

  6. Pemain;

  7. Perangkat pertandingan;

  8. Perantara pemain berlisensi;

  9. Pengurus;

  10. Setiap orang atau badan yang memiliki otoritas dari PSSI, khususnya yang terkait dengan pelaksanaan pertandingan atau kompetisi resmi;

  11. setiap kandidat dalam pemilihan PSSI yang bukan ofisial, pemain, perangkat pertandingan, agen atau yang memiliki otorisasi dari PSSI; dan

  12. Penonton;

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Kode Disiplin PSSI dapat diunduh di sini.


Sumber: pssi.org

19 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page